SMA NEGERI 24 BANDUNG

JL. A.H NASUTION NO. 27 BANDUNG

We Create Our Future

Program Sekolah

Kamis, 19 Juli 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 1107 Kali

Mengembangkan siswa untuk berprestasi yang didasari keimanan, ketaqwaan dan berbudaya lingkungan, dengan mengoptimalkan partisipasi masyarakat sekolah, kualitas pelayanan dan Pembelajaran, pemanfaatan sarana dan prasarana, kegiatan ekstra kurukuler, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap almamater.

Implementasi Program

  1. Membangun Citra Diri
    • Menumbuhkan Rasa Bangga terhadap almamater
    • Mengembangkan Apresiasi Positif dan Empati
    • Menumbuhkan ekspektasi dengan membangun prestasi kolektif sekolah
  2. Akademik
    • Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, melalui optimalisasi pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran.
    • Mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan
    • Mengembangkan sumber belajar yang bervariatif
    • Optimalisasi pemanfaatan Laboratorium
    • Optimalisasi Perpustakaan
    • Optimalisasi Pusat Sumber Belajar
  3. Kesiswaan
    • Mengembangkan eskul Berbasis Mata Pelajaran
    • Optimalisasi pembinaan karakter dan kepribadian
  4. Sarana dan Prasarana
    • Mengkondisikan lingkungan sekolah dan ruang belajar tetap bersih dan asri.
    • Memelihara Gedung dan Sarana Sekolah untuk tetap optimal baik dalam penampilan ataupun fungsi
    • Mengembangkan sarana dan prasarana sekolah sehingga seluruh aktifitas pendidikan terdukung oleh sarana dan prasarana secara memadai.
  5. Hubungan Masyarakat
    • Menciptakan karakteristik kultur mutu sekolah dengan menumbuhkan kepercayaan melalui Transparansi dan akuntabilitas, Pengambilan keputusan partisipatif, Responsif terhadap tuntutan perubahan, serta membangun kebersamaan.
    • Membangun Apresiasi Positif dari Masyarakat melalui peningkatan layanan dan sistem informasi
    • Menjalin Kerjasama yang kooperatif dengan instansi terkait dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan.

 

  1. PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
    1. Mengembangkan sekolah berwawasan Imtaq
    2. Mengembangkan sekolah berbudaya lingkungan
    3. Mengembangkan Pembelajaran Bahasa Inggris
    4. Mengembangkan pembelajaran dan pemanfaatan ICT
    5. Mengembangkan Budaya Daerah

 

  1. PROGRAM PERCEPATAN PEMENUHAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)

 

  1. Pemasangan jaringan unifi di 10 ruang kelas dan jaringan listrik di 15 ruang untuk menunjang pembelajaran dan penilaian berbasis komputer
  2. Pengadaan 80 unit laptop untuk menunjang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (CBT) dengan system 2 shift.
  3. Program rintisan Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) yaitu optimalisasi pengembangan kompetensi bahasa Inggris ( TOIEC dan TOEFL ), ekonomi akutansi berbasis IT, dan Informatika yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Lab. Bahasa UPI, ITB, dan Disnaker Provinsi Jawa Barat.
  4. Pengembangan Digital Library yaitu pengelolaan perpustakaan digital sebagai sumber belajar bagi siswa dan guru yang terkoneksi langsung dengan program Bandung Digital School dan Jabar Smart School)
  5. Pembuatan Pusat Sumber Belajar (PSB) berbasis Aplikasi Sekolah SMAN 24 ( kemitraan dengan PINISI EDU) yaitu penyediaan sumber pembelajaran bagi para siswa dan guru berupa materi ajar berbasis Internet dan intranet dengan akses cepat, media pengembangan system penilaian ( ulangan harian, ulangan tengah semester, ujian kenaikan kelas, ujian sekolah, dan absensi digital)
  6. Optimalisasi program yang berorientasi pada peningkatan sekolah berwawasan imtaq melalui pengembangan aula mesjid yang kondusif dan sentra pembinaan IMTAQ terpadu sebagai sarana prasarana ibadah dan pusat aktivitas keagamaan, program wisata rohani, pengembangan program Uji Kompetensi Agama, Perpustakaan Mesjid Darul Fikri, keputrian, bakti sosial, dan PHBI.
  7. Pengembangan program sekolah rujukan ( Program Nasional) sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan pendidikan sekolah yang ditandai dengan meningkatnya mutu pemenuhan SNP dan tumbuh kembangnya praktik-praktik baik dan keunggulan sekolah, serta terlaksananya kebijakan-kebijakan pendidikan di sekolah.
  8. Pengembangan reading park diatas perpustakaan (English area) sebagai rintisan pembangunan aula pertemuan di lantai dua dan 2 ruang kelas baru di lantai tiga.
  9. Pembangunan 2 buah Ruang Kelas Baru di lantai tiga sebagai upaya SMA Negeri 24 Bandung untuk mewujudkan Program Sekolah Standar Nasional (SSN) sehingga tersedia ruangan belajar yang memadai.
  10. Pembangunan kantin sehat sebagai bentuk layanan khusus di sekolah yang berusaha menyediakan makanan dan minuman sehat untuk membantu pertumbuhan serta kesehatan siswa.
  11. Pengembangan ruang Usaha Kesehatan Sekolah untuk menciptakan suasana sekolah yang kondusif melalui program sekolah sehat yang didukung sarana prasarana yang memadai serta menjalin kerjasama dengan pusat layanan kesehatan/ lembaga kesehatan.
  12. Pembangunan DOM (Atap penutup lapangan olah raga) yang diorientasikan untuk Gedung Olah Raga, Seni, dan Aula pertemuan sebagai upaya mewujudkan sarana prasarana pendukung peningkatan kualitas pembelajaran khususnya dalam bidang olah raga, kreatifitas siswa, dan arena bermain.
  13. Pengadaan Sumber Air bersih berupa pembuatan bak pengolahan air bersih yang efisien.
  14. Pembangunan ruang arsip di sebelah timur gedung
  15. Pembuatan padepokan seni  sebagai upaya pengembangan seni budaya daerah  khususnya yang ada di Ujungberung seperti benjang, angklung buncis, angklung diatonis, rampak gendang, Topeng benjang.
  16. Rekonstruksi Laboratorium Bahasa sebagai upaya pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris dan B. Jepang.
  17. Mewujudkan sekolah sehat melalui Program Adiwayata Nasional dan Mandiri yang berorientasi pada program penghijauan, ruang terbuka hijau, implementasi K3, dan sekolah sehat.
  18. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) terpadu dalam mewujudkan akses informasi yang cepat yang berkaitan dengan pengelolaan pelayanan pendidikan di SMA Negeri 24 Bandung (Pengelolaan web, absensi digital, tata kelola administrasi sekolah dan informasi terpadu).
  19. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dalam bidang IT dan Bahasa Inggris sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 24 Bandung.
  20. Program pengembangan kualitas dan kuantitas output sekolah melalui peningkatan kerjasama dengan pihak perguruan tinggi.
  21. Pengembangan program pendidikan dan karakter bangsa (program jam ke nol: mengaji, pembinaan walikelas, literasi, GPS)
...

Drs. Iwan Setiawan

Asalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu Salam Sejahtera untuk kita semua      Saya selaku kepala sekolah SMA Negeri 24 Bandung mengucapkan banyak…

Selengkapnya